Jumat, 30 Desember 2011

Menciptakan Perubahan Dan Peradaban Melalui Pendidikan, Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI


          “Kita tidak selalu bisa membangun masa depan bagi generasi muda. Tapi kita bisa membangun generasi muda untuk masa depan.” Itulah perkataan Franklin D Roosevelt. Kemajuan diawali oleh perubahan, pengertian dimaknai dengan pemahaman, ilmu dan moral menjadi panduan membangun peradaban, pendidikan menjadi dasar bagi penciptaan karakter kuat suatu bangsa. Jadi Pendidikan merupakan bagian penting bagi generasi muda dalam menciptakan perubahan yang beradab.
          Jepang gigih menjadikan pendidikan sebagai cara untuk bangkit paska perang atau Korea yang memfokuskan pada pemberantasan korupsi dan pendidikan paska krisis yang memukul negaranya sama seperti Indonesia di tahun 1998. Sesering apapun jatuh yang terpenting adalah bangkitnya. Bagaimana dengan Indonesia? Saya yakin Indonesia bisa, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada saudara-saudara kita yang tinggal di daerah terpencil harus berjuang untuk sampai ke sekolah. Jalan berkilo-kilo meter tanpa alas kaki, menyebrangi sungai, menempati ruang sekolah yang bolong atapnya bahkan hampir rubuh. Tetapi semangat belajar yang mereka lakukan demi menggapai cita-cita, membangun daerah, membuat perubahan pada negeri ini. Kita perlu mmerenungkan perkataan Margaret Mead “Jangan pernah meragukan keberhasilan sekelompok kecil orang yang bertekad mengubah dunia karena hanya kelompok seperti itulah yang pernah berhasil melakukannya.” Jangan pernah sia-siakan semangat mereka menuntut ilmu, jangan biarkan generasi bangsa Indonesia putus sekolah. Ketika mereka sukses bisa jadi ilmu pengetahuan dan moral yang dipelajari dari proses pemahaman dan pembelajaran membentuk karakter bangsa yang mampu mengelola secara bijaksana daerah-daerah di Indonesia.  
Menilisik lebih jauh, banyak daerah yang kaya akan potensi SDA yang menghasilkan keuntungan yang saya kira mampu memperbaiki jalan, menambal atap sekolah yang bolong, menambah fasilitas hingga membuat gedung sekolah baru yang layak. Setiap daerah memiliki perwakilan di DPD RI, inilah salah satu peranan penting DPD berperan aktif dalam menyuarakan aspirasi daerah. Seandai saya menjadi anggota DPD RI, akan saya perjuangkan hak memperoleh pendidikan yang layak dan merata bagi rakyat Indonesia. Semoga amanah dan tujuan mencerdasakan kehidupan bangsa seperti yang termaktub dalam UUD 1945 dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya oleh bangsa Indonesia.
Akan kuperjuangkan pendidikan di negeri ini
Bukankah tugas DPD salah satunya memberi saran pertimbangan kepada DPR?
Seandainya Saya menjadi anggota DPD RI akan Saya katakan pada anggota DPR untuk memberikan anggaran yang besar bagi pendidikan
DPD RI memberikan kontribusi penting bagi penyampaian aspirasi daerah dan kontrol terhadap DPR
Seandainya Saya menjadi anggota DPD RI, Saya awasi pemakaian anggaran untuk pendidikan
Agar tidak ada lagi berita penyalahgunaaan dana BOS dan biaya pendidikan
Agar tidak terdengar jeritan mahalnya melanjutkan sekolah
Dan  tidak terdengar sekolah yang runtuh karena tidak sanggup memperbaiki gedung sekolah
Seandainya Saya menjadi anggota DPD RI, Saya tidak akan segan-segan berperan demi kemajuan bangsa ini
Mencerdaskan kehidupan bangsa dan pendidikan yang layak dan merata bagi seluruh rakyat Indonesia sesuai  amanat UUD 1945.
Seandainya Saya menjadi anggota DPD RI, Saya berjanji pada diri sendiri dan bangsa ini akan terlibat aktif melaksanakan tugas dan kewajiban yang dimiliki dengan sebaik-baiknya melalui wewenang yang diamanahkan sebagai anggota DPD RI.
      

1 komentar:

  1. Setuju sekali,kuncinya ada di bidang pendidikan seperti pengalaman negara Jepang gigih menjadikan pendidikan sebagai cara untuk bangkit paska perang atau Korea yang memfokuskan pada pemberantasan korupsi dan pendidikan paska krisis yang memukul negaranya sama seperti Indonesia di tahun 1998.

    BalasHapus

Thanks for your comment ^_^